Posted by: Harnoto (admin) | April 2, 2010

Ekspor Bandeng Ke Timur Tengah

Ekspor ikan bandeng Ke Timur Tengah Masih tetap jalan

Kapanlagi.com – Menteri Kelautan dan Perikanan Fredy Numberi mengatakan, ekspor ikan bandeng Indonesia ke Timur Tengah masih tetap berjalan, tidak terpengaruh dengan adanya kasus penemuan sejenis zat kimia pada hasil tangkapan di laut itu.

“Ekspor ke Timur Tengah tidak terpengaruh dengan adanya kasus penemuan zat kimia `malachite green (MG)` dari bandeng yang diekspor ke pasar Eropa dan Amerika Serikat,” kata menteri di Tuban, Bali, Jumat (16/9).

Di sela-sela pertemuan Menteri-menteri Kelautan dan Perikanan Anggota APEC (AOMM) ke-2, Menteri Numberi menyebutkan, penemuan kandungan zat kimia yang dapat menyebabkan penyakit kanker pada manusia itu, tidak akan berpengaruh pada ekspor bandeng Indonesia.

Namun demikian, lanjut dia, pihaknya komit kalau menang ada kandungan zat kimia seperti itu, untuk sementara ekspor bandeng akan dihentikan.

Saat ini, hingga 15 Oktober mendatang, pemerintah akan melakukan pemeriksaan terhadap ikan-ikan bandeng ekspor milik masyarakat, yang diduga telah mengandung zat MG.

“Alat periksa yang disebut `high performance liquid chromatolography (HPLC)`, telah kita datangkan dari Uni Eropa,” ucapnya.

Dengan alat tersebut, seluruh ikan bandeng Indonesia nantinya akan diteliti. Yang tidak mengandung MG, akan langsung dipisahkan dari yang terkena.

Selanjutnya, kata dia, ikan bandeng yang bebas dari zat yang dapat menimbulkan kanker tersebut, akan diberi sertifikat bebas dan langsung diekspor.

Dengan demikian, pasaran ekspor senantiasa tidak akan ragu lagi menerima pasokan ikan bandeng dari Indonesia, ucap Menteri Numberi.

AOMM II yang dibuka Wakil Presiden Jusuf Kalla dan akan berlangsung hingga Sabtu (17/9) , diikuti para delegasi dari 20 negara, dari 21 negara anggota APEC.

Satu-satunya negara yang tidak hadir, ialah Rusia, kata Kepala Pusat Data, Statistik dan Informasi Departemen Kelautan dan Perikanan, Ir Aji Sularso MM, tanpa menjelaskan alasan ketidakhadiran negeri yang sempat tergabung ke dalam Uni Sovyet tersebut.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: